Desa Beraban, Desa Wisata di Tabanan


Desa Wisata Beraban merupakan sebuah desa wisata di Tabanan, terletak di Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten  Tabanan, Bali. Desa wisata Beraban memiliki potensi besar di bidang agrowisata. Dapat ditempuh dengan jarak 55 km dari Bandara Udara Ngurah Rai, atau sekitar 1,5 jam perjalan menggunakan mobil. Lokasinya sangat strategis yakni terletak di dekat Jalan Raya Tanah Lot , membuat desa wisata di Tabanan ini sudah cukup dikenal di dunia pariwisata. Tidak memiliki kendaraaan untuk berkujung ke desa wisata ini? Anda dapat menyewa sepeda motor atau mobil di rental kendaraan yang sangat banyak terdapat di Bali. Biasanya harga yang dibandrol untuk menyewa kendaraan adalah sebesar Rp 175.000,- untuk mobil dan Rp 50.000,- untuk motor.


Desa Wisata Beraban terdiri dari 15 banjar adat serta dihuni oleh 1.700 kepala keluarga. Salah satu desa wisata di Tabanan secara resmi dinyatakan sebagai  desa wisata pada tahun 2001 yang ditandai dengan penanda tanganan prasasti oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia yang menjabat saat itu, Gede Ardika. Seperti masyarakat Bali pada umumnya,  Masyarakat Desa Wisata Beraban sangat menjunjung tinggi konsep Tri Hita Karana (Hubungan yang selaras, seimbang dan serasi antara manusia dengan Tuhannya, manusia dengan manusia dan manusia dengan lingkungannya) . Masih sama seperti di desa - desa lain di Tabanan pada umumnya, sebagian besar penduduk di Desa wisata Beraban berprofesi sebagai petani. Desa wisata di Tabanan ini pernah manjadi duta kabupaten dalam lomba desa pekraman se-Bali. Desa ini juga cukup berpengaruh besar terhadapa supplay beras yang ada di Bali karena Desa wisata Beraban memiliki kawasan sawah yang cukup luas.

Terdapat sebuah suangai besar yang bermuara di Samudera Hinida melintasi salah satu desa wisata di Tabanan ini, sungai tersebut adalah Sungai Payung (Tukad Payung). Arus yang cukup deras serta banyak terdapat jeram-jeram yang bagus, menjadikan sungai ini sangat cocok bagi para wisatawan penggenar olahraga rafting, dan bagi para penggermar bangunan berarsitekur Bali, merupakan sebuah pilihan yang tepat jika anda berkunjung ke Desa Wisata Beraban. Di desa ini anda akan disuguhi oleh indah nya arsitekur rumah penduduk asli yang masih sangat kental dengan ukiran-ukiran yang terdapat di gapura pintu masuknya. Jika dari desa ini kita berjalan terus ke sisi barat, kita dapat menemukan sebuah objek wisata yang sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita, yaitu Pura Tanah Lot. Pura ini merupakan sebuah bangunan suci umat Hindu yang letakya berada di atas batu karang. Pantai Tanah Lot sendiri akan sangat tamai dikunjungi disaaat hari-hari besar umat Hindu seperti Galungan, Kuningan, Tumpek Landep, dan Purnama. Apakah anda penggemar wisata bahari? Jika iya, anda dapat meneruskan perjalanan menuju ke salah satu pantai yang dimiliki desa wisata di Tabanan ini, yaitu Pantai Beraban. Pantai Beraban yang memiliki pasir hitam serta ombak yang sangat bagus dapat menjadi selingan dikala anda lelah.

Bagi para wisatawan, bila anda ingin menginap, di Desa Wisata Beraban banyak sekali tersedia hotel maupun penginapan-penginpan kecil untuk dijadikan sebagi tempat peristirahatan. Ingin mencari tempat berbelanja makanan atau barang-barang unik untuk dijadikan cindera mata? anda dapat mampir di pasar adat desa setempat. Bagaimana, apakah anda tertaik berkunjung ke Desa Beraban, salah satu desa wisata di Tabanan ini? 


Lihat Peta Lebih Besar