Berkunjung ke Desa Wisata Lalanglinggah di Tabanan


Desa Lalanglinggah, merupakan salah satu desa wisata yang terletak di Kecamatan Selemadeg Barat, Kabupaten Tabanan, Bali. Jika kita berangkat dari Bandara Udara Internasional Ngurah Rai, jarak yang harus di tempuh untuk mencapai desa wisata Lalanglinggah adalah sekitar 60 km atau kurang lebih 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Lokasi Desa wisata di Tabanan ini sangatlah strategis dikarenakan terletak diantara jalan utama Jawa- Bali. Namun jangan khawatir akan merasa bosan selama perjalanan, karena di sepanjang jalan dari Denpasar menuju ke Desa Wisata Lalanglingah ini kita akan disuguhi oleh pemandangan-pemandangan sangat indah, seperti panorama perbukitan yang tampak di kejauhan serta hijau nya sawah-sawah dengan terasering nya yang masih sangat alami. Jalan utama menuju desa ini kebanyakan diapit oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi oleh pepohonan besar.

Daya tarik utama salah satu Desa Wisata di Tabanan ini adalah pantai pasir hitam yang dimilikinya. Pantai yang terletak di Desa Wisata Lalanglinggah adalah Pantai Balian dan Pantai Mekayu. Bagi para penggemar olahraga surfing, kedua pantai ini merupakan pilihan tepat karena memiliki ombak yang bagus serta tidak terlalu tinggi.  Selain itu, Desa Wisata Lalanglinggah juga dilalui oleh sungai besar yang sering digunakan untuk kegiatan rafting. Mata pencaharian utama penduduk di desa wisata di Tabanan ini adalah bekerja sebagai petani atau nelayan. Hal ini dikarenakan karena mengingat kondisi geografis Desa Wisata Lalanglinggah yang sebagaian besar terdiri dari daerah persawahan dan berada di dekat lautan. Seperti desa wisata di Tabanan lainnya, Desa Wisata Lalanglinggah tidak lepas dan diwarnai oleh Agama Hindu dengan konsepsi universalnya “Tri Hita Karana”  (Hubungan yang selaras, seimbang dan serasi antara manusia dengan Tuhannya, manusia dengan manusia dan manusia dengan lingkungannya). Desa ini memiliki potensi di bidang perikanan tangkap. Komoditas yang dikembangkan dan dijadikan andalan  adalah Lobster (Panulirus sp) dan Layur (Trichiurus sp).

Di Desa Wisata Lalanglinggah terdapat penginapan - penginapan yang dapat digunakan oleh para wisatawan sebagai tempat peristirahatan untuk sekedar melepas lelah. Salah satu tempat menginap yang terdapat di desa wisata ini adalah Gajah Mina Beach Resort. Resort ini menyediakan banyak sekali fasilitas-fasilitas yang tentunya akan memanjakan diri anda. Salah satu pelayanan andalan di resort ini adalah spa. Jika anda merasa tertarik dengan Yoga, anda bisa datang ke Shankari Bali Hotel yang jaraknya hanya sekitar 300 meter dari Pantai Balian. Shankari Bali Hotel adalah tempat yang sangat nyaman untuk melakukan aktivitas yang bersifat spiritual, salah satunya adalah Yoga. Selain itu di sekitar Pantai Balian terdapat banyak bungalow dan villa yang disewakan dengan harga yang relatif cukup murah, diantaranya adalah Pondok Segara dan Kubu Balian Beach Bungalow. Salah satu Desa Wisata di Tabanan ini juga memiliki tempat-tempat persembahyangan seperti Pura, Gereja dan Masjid. Namun jumlah Gereja dan Masjid tidak lah banyak hanya ada satu dua buah saja. Fasiltas-fasilitas lain yang dimiliki oleh desa wisata ini adalah pos penjagaan polisi, puskesmas, beserta SPBU.


Lihat Peta Lebih Besar