Lumbung Berkat, Objek Agrowisata Buah Naga di Tabanan


Dragon Fruit (Hylocereus undatus ) atau dalam bahasa Indonesia sering juga disebut Buah Naga. Mungkin namanya terdengar seram ditelinga beberapa orang, namun bukan berarti ini adalah buah yang berasal dari naga. Tanaman Buah Naga merupakan tanaman sejenis kaktus yang berasal dari Benua Amerika dan seiringnya perkembangan jaman, saat ini Buah Naga tengah banyak dikembangbiakkan di daratan Asia. Salah satu tempat yang mengembangbiakkan tanaman ini berada di Desa Antap, Kecamatan Selemadeg Barat, Kabupaten Tabanan, Bali. Agrowisata Kebun Buah Naga Lumbung Berkat, itulah nama dari tempat yang membudidayakan tanaman ini. Berjarak sekitar 60 km dari Bandara Udara Ngurah Rai dan memakan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan menggunakan mobil. Kebun Buah Naga Lumbung Berkat merupakan satu-satunya objek Agrowisata di Kecamatan Selemadeg, Tabanan.
Memiliki luas kurang lebih 50 are  dan ditumbuhi  lebih dari 3000 biji tanaman buah naga, objek agrowisata di Tabanan ini  dimiliki oleh Bapak Ir. Hendrik Pardede dan Ibu Evi Panjaitan, namun pengelolaannya diserahkan ke beberapa orang karyawannya. Agrowisata di Tabanan ini berdiri pada tahun 2007. Pada umunya kebun ini membudidayakan tanaman buah naga berjenis Putih serta Merah. Jenis Merah disini dibagi lagi menjadi dua, yaitu Red dan Super Red.

Anda ingin berlibur ke objek agrowisata di Tabanan? Kebun Buah Naga Lumbung Berkat merupakan salah satu tempat yang harus menjadi pertimbangan untuk dikunjungi. Lokasinya terletak dekat dengan daerah pantai, yakni Pantai Soka dan Pantai Balian. Karen letaknya dekat pantai, udara di salah satu objek agrowisata di Tabanan ini menjadi sangat sejuk. Belum lagi ditambah dengan pemandangan-pemandangan indah disekitar kebun yang dapat membuat decak kagum di hati. Jika anda berkunjung disaat musim panen, biasanya sekitar bulan Oktober - Maret, berarti beruntunglah anda karena bisa menikmati segarnya buah naga yang kaya akan vitamin C di salah satu agrowisata di Tabanan ini. Selain kaya kan vitamin C, buah naga juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol serta sebagai penyeimbang gula darah. Buah naga mengandung serat yang tinggi sebagai pengikat zat karsinogen penyebab kanker dan memperlancar proses pencernaan. Perlu diketahui jika pengunjung tidak dikenakan pungutan biaya sedikitpun untuk memasuki tempat ini, jadi kita dapat masuk secara cuma-cuma. Fasilitas-fasilitas yang akan didadapatkan di sini adalah : penjelasan mengenai sejarah tempat, penjelasasn detail tentang manfaat-manfat buah naga, dan jika saat musim panen kita boleh mencicipi nikmatnya buah naga di sini. Objek agrowisata di Tabanan ini juga menjual bibit tanaman, harga untuk satu buah bibit adalah Rp 2.000,-

Lelah seusai berkeliling di area Kebun Buah Naga Lumbung Berkat, anda dapat berisitrahat sejenak di bale-bale bengong yang sudah disediakan. Jika anda merasa lapar atau haus, anda dapat keluar sebentar dari area kebun menuju ke salah satu rumah makan murah di Tabanan, yaitu Rumah Makan Global Warung yang berjarak kurang lebih 500 meter di sisi Utara. Menu masakan bumbu rica-rica, seperti ayam rica-rica dan ikan rica-rica menjadi andalah di Rumah Makan Global Warung. Jika berjalan ke Selatan anda juga akan menemui Restaurant Soka Indah yang terkenal dengan masakan seafood nya. Untuk yang ingin bermalam di desa Selemadeg,Tabanan, anda dapat memesan kamar di Shankari Bali Hotel atau menyewa bungalow-bungalow yang banyak tersedia di sekitar Pantai Balian. Jangan khawatir, tentunya harga yang ditawarkan sangat terjangkau, jadi anda tidak perlu lagi berpikir keras. Jadi apakah anda berniat unutuk mengunjungi objek agrowisata di Tabanan ini? 

Lihat Peta Lebih Besar