Pantai Balian, Surga Para Peselancar di Tabanan


Pantai Balian (Balian Beach), salah satu pantai di Tabanan. Berada di wilayah Desa Lalanglinggah, Kecamatan Selemadeg Barat dan merupakan surga bagi para surfer. Pantai yang berada di bagian barat Tabanan ini memiliki ombak yang tinggi, sehingga tempat favorit bagi turis penghobi surfing. Terletak pada ruas jalan utama yang mengubungkan antara Jembrana dan Denpasar. Pantai Balian bisa ditempuh dengan jarak 60 km atau sekitar 2 jam perjalanan dari Bandara Udara Ngurah Rai di Denpsar, atau 84 km dari pelabuhan Gilimanuk, Jembrana. Bila anda datang dari Bandara Udara Ngurah Rai, anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan sepeda motor atau mobil yang dapat anda sewa di rental kendaraan. Banyak sekali tempat – tempat yang menyediakan rental kendaraan di sekitar kawasan Bandara Udara Ngurah Rai. Perlu diketahui, harga – haraga sewa mobil atau motor rental di Bali sangatlah terjangkau, mulai dari 50 – 175 ribu. Oleh karena letak nya yang sangat strategis, membuat pantai indah di Tabanan ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan asing maupun domestik.


Pantai yang memiliki pasir hitam ini memiliki panorama yang sangat indah. Ombak nya yang tidak terlalu tinggi dan tidak mudak pecah merupakan daya tarik utama bagi Pantai Balian, sehingga tak heran lagi jika hampir setiap hari Pantai Balian selalu ramai didatangi oleh para surfer yang ingin merasakan sensasi berkendara diatas ombak pantai di Tabanan ini. Banyak wisatawan asing yang mengatakan jika Pantai Balian adalah surga bagi para surfer . Jika ingin masuk ke area pantai, kita harus merogoh kocek sebesar Rp 5.000,- untuk mobil dan Rp 2.000,- untuk sepeda motor. Dalam perjalan menuju pantai, kita akan menemui  banyak sekali penginapan – penginapan yang disewakan. Harga yang dikenakan untuk menyewa sebuah kamar berkisar antara 100 – 125 ribu / malam. Selain penginapan, di sekitar pantai ini juga banyak terdapat tempat – tempat makan sejenis bar yang menyediakan berbagai macam aneka makanan dan minuman. Menu andalan di setiap bar biasanya adalah makanan seafood seperti ikan bakar, cumi bakar, dan kepiting bakar. Kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke Pantai Balian adalah WNA (Warga Negara Asing). Jika kita menyusuri bibir pantai secara menyeluruh kita dapat melihat tebing – tebing batu yang menjulang tinggi bagaiakan tembok yang sangat besar. Waktu yang paling tepat bila berkunjung ke Pantai Balian adalah pada sore hari, anda akan menyaksikan panorama sunset disertai pemandangan burung – burung yang beterbangan untuk kembali ke sarangnya. Oleh dari karena itu, jangan lupakan kamera anda untuk mengabadikan kejadian – kejadian menarik di salah satu pantai di Tabanan ini. Malam harinya kita dapat melihat warung – warung kecil pinggir pantai akan ramai dipenuhi oleh para tourist yang mengadakan party. Mereka akan benrnyanyi sepanjang malam sambil menenggak bir yang mereka beli. Kita juga dapat ikut dalam pesta itu, hanya cukup dengan membayar Rp 50.000,- kita sudah dapat menikmati hidangan – hidangan laut sampe puas.

Objek wisata terdekat dengan Pantai Balian ini adalah Pantai Soka serta Agrowisata Kebun Buah Naga Lumbung Berkat. Di Kebun Buah Naga Lumbung Berkat ini kita boleh mencicipi segarnya buah naga yang kaya akan vitamin. Apakah anda tertarik untuk berkunjung ke salah satu pantai di Tabanan ini? Jadi jangan sampai lewatkan liburan anda di Bali tanpa mengunjungi pantai yang indah ini . Selamat berlibur.



Lihat Peta Lebih Besar