Pantai Bonian, Pantai Penuh Pesona di Tabanan


Pantai Bonian, merupakakan salah satu pantai di Tabanan yang terletak di Desa Bonian, Kecamatan Selemadeg. Nama pantai inti diambil sesuai dengan nama desa dimana pantai ini berada. Lokasi pantai ini dapat ditempuh dengan jarak sekitar 58 km dari Bandara Udara Ngurah Rai di Denpasar atau sekitar 2 jam perjalan dengan menggunkana kendaraan bermotor. Seperti pantai – pantai di Tabanan lainnya, Pantai Bonian juga merupakan pantai yang berpasir hitam. Lokasinya yang strategis yakni terletak di antara jalan Denpasar – Gilimanuk menjadikan Pantai Bonian selalu ramai dikunjungi wisatawan dan menjadi salah satu objek wisata andalan di Kota Tabanan. Pantainya yang sangat bersih menjadi salah satu nilai lebih bagi pantai ini. Jarang sekali kita menemukan sampah plastik di sini, ini dikarenakan peran serta warga sekitar yang juga turut ambil bagian dalam menjaga kebersihan di sekitar pantai.

Kawasan pantai yang banyak ditumbuhi pepohonan terutama pohon kelapa, membuat suasana di Pantai Bonian menjadi sangat asri. Ditambah lagi dengan adanya tebing-tebing batu menjulang tinggi yang ditumbuhi semak belukar seolah-olah memagari setiap kawasan di pantai ini. Karateristik ombak Pantai Bonian yang  tidak terlalu besar dan tidak mudah cepat pecah sangat cocok untuk melakukan aktivitas surfing. Aktivitas ini biasanya dilakukan oleh para turis mancanegara di pagi dan sore hari. Tanahnya yang datar juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan olahraga lain seperti jogging, voli, dan sepak bola. Bagi anda yang mancing mania, pantai di Tabanan memiliki banyak sekali spot yang sangat bagus untuk memancing, biasanya terletak di diantara bebatuan karang. Para pemancing berdiri di atas batu-batu karang tersebut sambil menunggu umpan mereka dilahap ikan. Keindahan Pantai Bonian akan terlihat semakin jelas ketika sore hari, saat matahari akan terbenam. Sunset di sini tidak kalah dengan Patai Kuta yang memang sudah terkenal dengan sunsetnya. Jadi jangan lupa untuk mengambil kamera dan mengabadikan sunset Pantai Bonian yang sangat indah.

Tidak ada pungutan biaya untuk memasuki kawasan ini, dengan kata lain kita dapat masuk secara free. Untuk masalah parkir kendaraan, kita dapat memarkir kendaraan di tepi-tepi jalan masuk menuju pantai. Jadi jika anda ingin mengunjungi objek wisata yang murah namun memiliki tempat yang bagus, Pantai – pantai di Tabanan adalah solusi yang tepat. Objek-objek wisata pantai lainnya yang dekat dengan Pantai Bonian adalah : Pantai Soka, Pantai Balian, dan Pantai Mekayu. Selain itu terdapat juga sebuah wisata objek agrowisata tidak jauh dari tempat ini. Objek agrowisata itu adalah Kebun Buah Naga Lumbung Berkat. Kita dapat mencari informasi tentang tanaman buah naga di sini. Bagi penggemar kegiatan outbound, anda dapat mencoba bermain flying fox serta merasakan serunya mengendari ATV / mini trail di Soka Adventure Park. Soka Adventure terletak sekitar 500 meter di sisi timur Pantai Bonian. Perut terasa lapar seusai melakukan perjalanan yang melelahkan, sempatkanlah diri anda unutk mencicipi menu-menu masakan seafood yang tersedia di Warung Makan Nyoman atau menikmati lalapan di Warung Makan Mbak Yun di Desa Selabih yang terletak tidak jauh di sisi barat Pantai Bonian. Jadi segeralah cantumkan nama Pantai Bonian ke dalam list kunjungan wisata anda. Pantai Bonian, pantai di Tabanan dengan sejuta keindahan. Selamat berlibur.


Lihat Peta Lebih Besar