Pantai Mekayu, Pantai Sejuta Keindahan di Tabanan


Pantai Mekayu (Mekayu Beach), Selemadeg, Tabanan, Bali. Merupakan salah satu objek wisata pantai pasir hitam yang dimiliki oleh Pulau Bali. Lokasinya yang sangat strategis yakni terletak diantara jalan raya Denpasar – Gilimanuk menjadikan Pantai Mekayu sering dikunjungi oleh para wisatawan. Berjarak kurang lebih 60 km dari Bandara Udara Ngurah Rai di Denpasar atau sekitar 2 jam perjalanan dan 84 km dari Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana. Tidaklah susah untuk menemukan salah satu pantai di Tabanan ini karena di ujung jalan masuk sudah terdapat sebuah plang besar yang bertuliskan “Mekayu Beach” dan kita hanya cukup mengikuti arah dari petunjuk tersebut. Ketika pertama kali sampai ke pantai ini, kita akan menjumpai banyak sekali pepohonan kelapa yang daunnya seolah-olah melambai ke arah kita. Pantai Mekayu terkenal dengan ombaknya yang bagus, tidak teralu besar dan tidak mudah pecah. Sehingga tidak heran lagi jika Pantai Mekayu dijadikan salah satu spot andalan untuk bermain surfing bagi sejumlah wisatawan asing.

Karena kondisi bibir pantainya yang datar dan luas, seperti pantai di Tabanan  pada umunya, Pantai Mekayu juga sering digunakan oleh warga sekitar untuk melakukan kegiatan olahraga seperti bermain sepak bola, jogging, dan voli. Pantai Mekayu biasanya akan ramai dikunjungi oleh warga pada sore hari. Selain sebagai tempat surfing dan tempat berolahraga, Pantai Mekayu kerap kali juga digunakan sebagai tempat memancing. Banyak nelayan – nelayan tradisional ini yang sering menangkap ikan disini. Pantainya yang bersih menjadi salah satu kelebihan utama bagi pantai di Tabanan ini. Jarang sekali kita jumpai sampah – sampah plastik di sini. Hal ini tidak lepas dari peran waraga sekitar yang juga ikut menjaga kebersihan dan kelestarian alam di sekitar tempat ini.

Bagi anda yang memilik hoby photography, jangan lupa gunakanlah kamera anda unutuk mengabadikan setiap pemandangan indah yang terdapat di Pantai Mekayu. Anda bisa menjadikan hamparan pohon kelapa atau tebing – tebing batu sebagai latar belakang foto anda. Terdapat sebuah aliran sungai yang bermuara di Pantai Mekayu ini. Pada aliran tersebut kita dapat menjumpai batu – batu kali kecil yang tersusun sangat rapi, batu – batu kali ini dapat pula menjadi objek foto kita. Namun waktu yang paling tepat untuk mengambil gambar adalah ketika matahari akan terbenam, kita dapat mengabadikan sunset Pantai Mekayu yang tidak kalah dengan sunset di Pantai Kuta yang sudah cukup memiliki nama.

Tidak ada pungutan tiket masuk untuk berkunjung ke kesini, jadi kita dapat masuk secara cuma – cuma. Untuk masalah parkir kendaraan, kita dapat memarkir kendaraan kita di tepi - tepi jalan masuk menuju pantai ini. Mungkin anda akan merasa lapar dan haus seusai melakuakan aktivitas di pantai, atau anda membutuhkan sebuah tempat peristirahatan yang nyaman untuk memulihkan kembali tenaga anda. Warung Makan Rinjani dan Penginapan Anggun bisa menjadi solusi untuk semua masalah itu. Warung Makan Rinjani merupakan salah satu rumah makan murah di Tabanan. Terletak tidak jauh dari Pantai Mekayu, hanya sekitar 500 meter di sisi barat. Cukup dengan Rp 10.000,- saja kita sudah dapat menikmati lezatnya nasi campur khas Jawa Timur. Penginapan Anggun,penginapan murah di Tabanan, juga menawarkan harga sewa kamar yang sangat terjangkau, hanya dengan Rp 80.000,- kita sudah dapat bermalam di Selemadeg. Anda juga dapat mengunjungi objek – objek wisata pantai lainnya yang letaknya sangat dekat dengan Pantai Mekayu, yakni ada Pantai Balian, Pantai Bonian, dan Pantai Soka. Jadi jangan sampai lewatkan untuk mengunjungi salah satu pantai di Tabanan ini jika anda berkunjung ke Bali.


Lihat Peta Lebih Besar